Pengembangan Potensi Perikanan dan Pertanian Di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga (Proses Produksi dan Pengemasan Ikan Asap, Abon Ikan, Keripik Pisang dan Tepung Sukun)

  • Ace Baehaki Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya
  • Susi Lestari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya
  • Puspa Ayu Pitayati Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya
  • Dwi Inda Sari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya
  • Wulandari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya
Keywords: Raudhatul Ulum, Ikan Asap, Kripik Pisang, Tepung Sukun

Abstract

Pondok Pesantren Raudhatul Ulum  merupakan pondok pesantren yang cukup tua di Sumatera Selatan. Pondok Pesantren mengelola jenjang pendidikan dari Taman Anak-anak, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SMP Islam terpadu, SMA Islam terpadu dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum (STITRU). Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat adalah : a) Persiapan meliputi perizinan, pendekatan kepada pondok pesantren Raudhatul Ulum, b) Langkah-langkah pelaksanaan adalah : peragaan dan praktek (ikan asap, abon ikan, kripik pisang dan tepung sukun) dan c). Memberikan bekal pengetahuan tentang teknologi pertanian dan perikanan kepada para santri yang tentunya para guru dan karyawan Pondok Pesantren Raudahtul Ulum dan masyarakat sekitarnya (Desa Sakatiga Indralaya). Hasil kegiatan adalah acara pembukaan kegiatan dan kegiatan pengabdian yang dilaksanakan selam 4 pertemuan. Pada acara pembukaan program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan bertempat di Restro Rangon, Pondok Pesantren Raudhatul Ulum. Pada acara ini hadir Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Pertanian Unsri yaitu Bapak Herpandi, S.Pi, M.Si, Ph.D, ketua program pengabdian terintegrasi yaitu Prof. Dr. Ace Baehaki, S.Pi, M.Si, beberapa dosen Program Studi Teknologi Hasil Perikanan dan mahasiswa yang akan melakukan praktek lapangan (PL) sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat ini. Pimpinan Pondok Pesantren raudhatul Ulum yang hadir antara lain: Ust. Abdul Muhaimin, S.Sos.I, M.S.I selaku Sekretaris Bidang Agro Ponpes raudhatul Ulum, Wakil asisten Mudir Akademis Ust. M. Fadillah, S.Pd.I,  Ketua BLK dan life skill Ponpes Raudhatul Ulum Umi Septi Masna Dewi, S.Hut dan beberapa guru Ponpes raudhatul Ulum. Kegiatan pengabdian dilakuan setiap 1 minggu sekali yaitu  pembuatan abon ikan dilakdanakan pada hari senin tanggal 21 September 2021, pembuatan ikan asap dilaksanakan pada hari senin tanggal 27 September 2021, pembuatan kripik pisang pada hari selasa tanggal 12 Oktober dan pembuatan tepung sukun dilaksanakan pada hari senin tanggal 25 Oktober 2021.

Published
2022-06-20
How to Cite
Ace Baehaki, Susi Lestari, Puspa Ayu Pitayati, Dwi Inda Sari, & Wulandari. (2022). Pengembangan Potensi Perikanan dan Pertanian Di Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga (Proses Produksi dan Pengemasan Ikan Asap, Abon Ikan, Keripik Pisang dan Tepung Sukun). Khidmah Ijtima’iyah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-14. Retrieved from http://stit-ru.ac.id/pkm.stit-ru.ac.id/index.php/khidmah/article/view/2