Eps ANALISIS EPISTIMOLOGI BURHANI DALAM PEMBELAJARAN PAI

1.Problematika Pembelajaran PAI. 2. Prinsip cara kerja metode Burhani. 3. Implementasi Burhani dalam PAI

  • M. Agus Isnaini Universitas Islam Negeri maulana Malik Ibrahim Malang
  • Achmad Khudori Soleh
Keywords: Epistimologi, Burhani. Pembelajaran PAI

Abstract

Pendidikan agama islam semakin hari turut menjadi perhatian, bukan karena hal baik melainkan sebaliknya, pembejaran PAI cenderung monoton karena banyak disajikan dengan cara ceramah, ditambah lagi disajikan tanpa mencoba menghadirkan akal pikiran siswa secara logis atau bersifat doktirnal, tentunya dalam hal ini siswa akan banyak meraba-raba dalam pikirannya apa yang disampaikan oleh guru. Tujuan penerapan metode burhani dalam pembelajaran PAI adalah menanamkan nilai-nilai islam melalui pendekatan akal pikiran sehingga bisa diimplementasikan dalam menjalani hidup sehari-hari. Metode ini menerapkan  penelitian kualitatif deskriptif  yang bersifat Library Researc dengan pendekatan conten analisi. Penelitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa meletakkan dasar pengetahuan islam akan mudah dilakukan apabila disampaikan berdasarkan kontekstual, artinya akal pikiran siswa dapat menerima apabila apa yang diajarkan dekat dengan pengalamannya, bukan sekedar penyampaian yang bersifat doctrinal yang menimbulkan pembelajaran menjadi monoton. Untuk mencapai tujuan tersebut maka ada dua metode yang bisa diimplementasikan yaitu metode amsal dan saintifik burhani. Untuk itu implementasi burhani lebih mendorong siswa untuk lebih kritis terhadap berbagai persoalan sehingga pembelajaran bersifat konstruktivistik, keaktifan siswa menjadi nilai lebih dalam peroses pembelajaran karena terdorong untuk mengkomunikasikan realitas yang ditangkap secara masuk di akal sesuai dengan konsep rasionalitas logika.

References

Abed al-Jabiri, Bunyah al-Aql al-Arabi, (Beirut: Markaz Dirasat al-Wihdah al-Arabiah).

Abidin Ibn Rusn. 1998. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ali Ashrof, Horison. 1993. Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Aini, N. N., & Prastowo, A. 2021. Implementasi Metode Burhani dan Irfani dalam Studi Filsafat Pendidikan Islam Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 296-302.

Awwaliyah, R., & Baharun, H. 2019. Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional (Telaah epistemologi terhadap problematika pendidikan Islam). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 34-49.

Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Budiyanti, N., & Ruswandi, U. 2020. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 131-146.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020 “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Elman, Moh., and Mahrus Mahrus. 2020. “KERANGKA EPISTEMOLOGI (Metode Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam).” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2: 139. https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i2.4115.

Elman, Moh. 2020. “KERANGKA EPISTEMOLOGI ( Metode Rekonstruksi Pendidikan Agama Islam ) PENDAHULUAN Kajian Filsafat Dan Pendidikan Merupakan Kajian Ilmiah Yang Saling Mempengaruhi , Bahkan Dikatan Dalam Pendidikan Akan Terbangun Dengan Tiga Kajian Filsafat Yang Merupakan La” 1, no. r: 139–59.

Filsafat Islam.Indd by Maarif-Pc (z-Lib.Org), n.d.

Fathul Jannah. 2013. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Dinamika Ilmu, Vol. 13. No. 2, Desember, 164

Kusuma. “Epistemologi Bayani , Irfani Dan Burhani Al-Jabiri Dan Relevansinya Bagi.” Syi’ar 18, no. 1 (2018): 19. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/syiar/article/view/1510.

Mahmudi, Mahmudi. “Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, Dan Materi.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2019): 89. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105.

Makiah, Zulpa. “Epistemologi Bayani, Burhani, Dan Irfani Dalam Memperoleh Pengetahuan Tentang Mashlahah.” Jurnal : Syariah 14, no. 1–28 (2014). http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/syariah/article/view/217/173.

M. Hasyim Syamhudi, Pendidikan Agama Islam Zaman Mekah Awal (Di antara Dua Peradaban Jahiliyah Dan Romawi/Persi), Jurnal at-turas Vol. 3 No. 1, Januari-Juni 2016, 91

Nawtika, Titian Ayu, Aiyuhan Nurul Ain, and Limpad Tuhu Pamungkas. “PEMIKIRAN EPISTIMOLOGI ABID AL-JABIRI DAN IMPLIKASINYA BAGI DINAMIKA KEILMUAN ISLAM.” Journal Scientific of Mandalika (JSM) 2, no. 12 (2021). http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/issue/archive.

Nadlir, N., & Alfiyah, H. Y. (2018). Perbandingan pendekatan saintifik antara kurikulum 2013 dan pendekatan Burhani dalam peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran Fiqih. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(2), 203-224.

Rasyid Ridlo. “The Implementation of Bayani and Burhani Epistemology as a Learning Method.” Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam 01, no. 01 (2020): 19–37.

Rohmad, Rohmad. “Pendekatan Integratif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Pada Abad Informasi.” Inovatif: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan 1, no. 1 (2017): 17–37. http://jurnal.staih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/11.

Saihu, Saihu. “KOMUNIKASI PENDIDIK TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH KHUSUS ASY-SYIFA LARANGAN.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 3 (December 29, 2019): 418–40. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.66.

Sinaga, Sopian. “PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DAN SOLUSINYA.” WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 2, no. 1 (2020). https://doi.org/10.51590/waraqat.v2i1.51.

Soleh, Achmad Khudori. Epistemologi Islam Integrasi Agama Filsafat Dan Sains Dalam Perspektif Al-Farabi Dan Ibn Rusyd, 2018.

Susanto, Edi. “Dimensi Studi Islam Kontemporer,” 2016.

Thariq Aziz, Muhammad. INTERREALISASI PEMIKIRAN MUHAMMAD ABID AL-JABIRI DALAM PENDIDIKAN ISLAM, 2016.

Uin, Pascasarjana, and Sunan Kalijaga. “Nurfitriyani Hayati.” Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies 3, no. 1 (2017): 68–81.

Wahyudi, Winarto Eka. “MENGURAI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AKIDAH (Integrasi Cooperative Learning Dengan Epistimologi Abid Al-Jabiri).” Vol. 1, 2017.

Published
2023-04-30
How to Cite
Isnaini, M. A., & Soleh, A. (2023). Eps ANALISIS EPISTIMOLOGI BURHANI DALAM PEMBELAJARAN PAI. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 196-201. https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i1.256